Thursday, June 25, 2015

Pelajaran Dari Shalat di Awal Waktu

Kenapa shalat di awal waktu itu penting? Ternyata jika kita renungkan baik-baik, dengan kita shalat
awal waktu, itu ternyata membuat setiap agenda kehidupan kita jadi lebih teratur. Jika demikian, maka konsep memperbaiki diri itu akhirnya bisa diterapkan. Jika kita shalat tidak tepat waktu, maka agenda hari kemarin tidak akan sama dengan hari ini, sehingga konsep memperbaiki diri pun tidak bisa dilakukan. Kenapa bisa demikian?

Memperbaiki adalah suatu istilah yang digunakan untuk menjadikan hal yang telah terjadi menjadi lebih baik lagi. Tapi hal yang sudah terjadi itu harus mirip dengan hal yang akan dilakukan. Namun berbeda kasusnya jika hal yang akan dilakukan itu berbeda jauh dengan hal yang telah terjadi. Misalkan saat kemarin kita masih di sekolah, tapi hari ini kita dikantor. Maka konsep memperbaiki hari kemarin agar hari ini lebih baik itu tidak bisa dilakukan. Sebab setiap aktivitas yang dilakukan hari ini, itu berbeda dengan apa yang dilakukan kemarin. Jadi istilah yang digunakan bukan lagi memperbaiki, tapi justru membuat aktivitas baru yang tidak bisa dibandingkan dengan hari kemarin.

Demikian hal nya dengan korelasi antara shalat dengan aktivitas kita dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita bisa memperbaiki diri jika hari kemarin itu tidak jauh berbeda dengan hari ini. Sehingga kita tahu, sisi mana yang harus kita perbaiki. Maka wajar jika hukuman untuk orang yang tidak shalat di masjid itu baru muncul saat di Madinah, bukan saat di Makkah. Hal ini dikarenakan, saat di Makkah, orang-orang lebih mengutamakan mencapai prestasi akidahnya. Sedangkan saat di Madinah, orang-orang sudah mengutamakan prestasi di masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menyaingi atau menunjukkan eksistensi umat islam pada seluruh dunia. Sebab jika umat islam tidak bisa menunjukkan eksistensinya pada dunia, dan menunjukkan pada dunia bahwa umat islam adalah umat yang unggul, maka dakwah islam pun akan mengalami kemerosotan karena tdak bisa menunjukkan suri tauladan yang baik yang patut diikuti.

So, jika kita ingin menjadi pribadi yang unggul, maka shalat lah tepat waktu dan shalat lah si masjid. Shalat di masjid dapat membuat kita khusyuk dan fokus dengan apa yang kita lakukan. Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa jika kita fokus dalam shalat, maka setiap aktivitas kita pun akan bisa lebih fokus dan lebih bermakna.


Semoga apa pun yang kita lakukan itu tidak Allah sia-siakan.