Saturday, September 3, 2016

Resensi Buku Like Father Like Son (Untaian Kisah-kisah Penuh Hikmah)

Judul buku: Like Father Like Son (Untaian Kisah-kisah Penuh Hikmah)
Penulis: Mohamad Zaka Al Farisi
Tahun: 2009 (Cetakan ke-4)
Penerbit: MQ Gress


Buku yang bagus. Buku ini berisi kumpulan kisah-kisah islami yang mampu mematik motivasi hidup dan mengembalikan kesadaran akherat kita. Buku ini seperti layaknya buku "Chicken Soup for the Soul" yang pertama kali ditulis oleh Jack Canfield dan Mark Victor Hansen, namun versi islami. Mungkin saat membacanya kita akan menyadari bahwa dalam buku ini terdapat kisah-kisah yang seringkali kita dengar dalam ceramah-ceramah islam oleh ustadz-ustadz di pengajian. Sangat tepat penulis mengangkat kisah-kisah sebagai media dakwahnya. Sebab orang akan lebih mudah menyerap pelajaran dengan lebih baik dalam bentuk hikmah baik kewajiban maupun larangan melalui kisah-kisah. Hal ini tercermin dari kandungan Al-Qur'an yang sebagian besar berupa kisah-kisah.

Judul buku "like father like son" mengadopsi dari salah satu kisah didalamnya. Seorang ayah dan anak, Khaitsamah dan Sa'ad bin Khaitsamah, yang sangat menggebu-gebu untuk ikut berjihad dalam perang Badar. Namun, mereka sepakat bahwa salah seorang harus tinggal untuk menjadi tulang punggung keluarga. Permasalahan muncul saat ayah dan anak ini berkeras ingin ikut dalam perang Badar. Akhirnya dengan terpaksa melalui undian, diputuskanlah Sa'ad yang berangkat ke medan jihad. Satu sisi Sa'ad merasa bahagia sekali karena telah terpilih, di sisi lain ayahnya sedih sekaligus bangga karena anaknya begitu bersemangat berjuang untuk islam. Tak berlangsung lama tersiar kabar bahwa Sa'ad telah gugur sebagai syuhada dalam perang Badar. Bagi Khaitsamah, berita tersebut merupakan kesedihan sekaligus kebahagiaan karena ia sadar bahwa anaknya telah mendahuluinya ke surga. Dengan semangat dan rasa bangga terhadap anaknya itu, sang ayah ini pun memaksa Rasulullah untuk bisa ikut dan akhirnya ia pun gugur sebagai syuhada seperti halnya anaknya.

Like father like son seperti itu dalam islam sungguh indah. Ayah dan anak keduanya saling berburu untuk meraih surga. Hal yang seharusnya membuat kita tergerak untuk mengikuti jejak yang sama seperti Khaitsamah dan Sa'ad bin Khaitsamah.

Masih banyak kisah-kisah inspiratif lainnya dalam buku ini yang sarat hikmah dan mematik kembali gairah ibadah kita. So... Enjoy reading :)

Silahkan komentar-komentar dibawah sini yaaaa... ;)

No comments:

Post a Comment