Sunday, February 21, 2016

Bagaimana Cara Agar Hidup Lebih Produktif?

Apa yang kita lakukan seharian jarang sekali kita review. Hal itu akan membuat aktivitas kita dari hari ke hari itu seakan selalu kembali ke titik nol. Bukannya melanjutkan apa yang sudah dikerjakan. Padahal apa yang sudah dikerjakan sebelumnya itu bernilai waktu dan bukan dikerjakan seperti halnya membalik telapak tangan. Tapi melibatkan keringat dan peras otak didalamnya.

Aktivitas kita yang masih belum rutin dan terjadwal. Itu yang akan membuat kita kadang kesulitan mengevaluasi aktivitas harian.

Durasi waktu pun yang kadang tidak dilibatkan dalam beraktivitas. Padahal dengan memperhitungkan durasi waktu kita telah memperhitungkan rencana aktivitas harian kita mungkin di hari berikutnya secara detil.

Jangan lupa jika kita mengevaluasi diri di atas kertas (paper and pencils), per singkat kata dalam menulis. Jika tulisan ini hanya untuk kita yang baca, maka kita tidak perlu menulis satu per satu kata secara utuh. Hal itu akan lebih mengefisiensikan waktu.

Malam hari adalah waktu yang terbaik dalam mengevaluasi aktivitas harian. Setelah evaluasi aktivitas kita akan menyadari bahwa malam hari seakan waktu berjalan sangat lama. Dan terkadang kita sama sekali jarang merasa ngantuk.

Memang benar, waktu kita mengerjakan apa yang seharusnya pribadi kerjakan itu hanya subuh hari setelah bangun tidur. Jadi setelah shalat isya, langsung tidur. Hanya mungkin kelemahannya cukup sulit bangun setelah kondisi tidur ini. Kita butuh kamar yang berbeda antara belajar dan tidur. Satu sisi, tidur yang terbaik adalah kondisi lampu mati, tapi tidak mungkin belajar dengan lampu mati kan!?

Coba evaluasi tidur. Waktu yang direkomendasikan untuk tidur adalah setelah bada isya. Memang Islam pun menganjurkan demikian. Ada kendala? Kalau sudah punya istri mungkin istri jadi ngambek, "kok tidur awal2 banget sih!?". Selain itu semua habit malam, misalnya seperti rendam baju, dan sikat gigi harus di geser jadi bada maghrib sebelum isya. Makan malam pun lakukan sebelum isya.

Hati-hati godaan malam. Keinginan untuk berbuat aneh-aneh pasti tinggi. So, luruskan niat!
Apa niatnya? Kalau yang lagi nyusun tugas akhir mungkin selesaikan proposal, skripsi, tesis, atau disertasi. Produktif, karena siang tidak bisa produktif (nyaris positif 100% tidak produktif). Kerjakan hobi, seperti nyusun file, buat desain grafis, organisir file, dan jangan lupa, ngeblog. Evaluasi harian, aktivitas dan produk yang dihasilkan setiap hari. Kegiatan pagi buta itu akan jadi kegiatan yang paling menyenangkan. Karena di situ kita akan merasa hidup kita lebih berguna dan produktif.

Subuh hari itu akan menjadi waktu paling menyenangkan, karena tidak akan ada chatting-an atau social network yang berbunyi. Fokus aktivitas hanya untuk kita sendiri. Apa yang kita kerjakan akan sangat terasa hasilnya.

It will be very fun. At last time just for us. Good luck :)

Written by. Aditya Rakhmawan
Tengah malam ditengah kebimbangan nyusun tugas akhir
Selasa, 22 Februari 2016
Gegerkalong Girang, Bandung